Miris! Banyak Yang Belum Mengerti Efek Dari Lari

Miris! Banyak Yang Belum Mengerti Efek Dari Lari


Tak salah jika rutinitas pada pagi hari merupakan hal penting. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, ada baiknya mempertimbangkan manfaat lari pagi untuk mencapainya.

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya menurunkan berat badan. Seorang ahli menganggap, pagi hari merupakan saat tepat berolahraga karena lebih mudah menjadikannya sebagai rutinitas tetap.

Manfaat lari pagi untuk menurunkan berat badan - alodokter
Mudah Dijadikan Rutinitas Harian
Menurut studi, untuk seseorang yang mengalami kesulitan menjadikan olahraga sebagai rutinitas tetap, maka melakukannya di pagi hari merupakan salah satu pilihan terbaik. Olahraga pagi hari juga sangat menguntungkan, karena tidak terganggu oleh kesibukan sehari-hari.
Baca Juga : Wanita-Ini-Menurunkan-44-kg-Bobot-Tubuhnya


Meski hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan kalori yang dibakar akan lebih banyak pada waktu-waktu tertentu.

Lari pagi sebagai aktivitas fisik terstruktur sangat baik untuk membakar kalori. Secara rata-rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar sekitar 295 kalori. Sementara, berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori.

Untuk menurunkan berat badan dengan manfaat lari pagi, upayakan berolahraga dengan sekitar 3 kali per minggu dengan total waktu sekitar 60-90 menit. Namun, bagi pemula dapat mulai berolahraga sekitar 10 menit per hari. Kemudian, tingkatkan secara bertahap.

Selain lari pagi, olahraga yang disarankan dilakukan pada awal hari antara lain bersepeda, berenang, yoga, ataupun angkat beban.
Meringankan Gangguan Tidur
Olahraga pagi, termasuk lari pagi, dapat meningkatkan kualitas tidur. Menurut seorang ahli, hal ini merupakan faktor penting dalam menurunkan berat badan.

Kualitas tidur yang buruk akan memengaruhi hormon tertentu dalam tubuh yang memengaruhi nafsu makan. Kebutuhan tidur yang cukup akan memperbaiki keseimbangan hormon sehingga tubuh mampu mengendalikan nafsu makan.

Sebuah studi mengungkap, wanita usia 50-75 tahun dengan berat badan berlebih yang berolahraga pagi sekitar 60 menit per minggu, tidur lebih baik jika dibandingkan yang tidak berolahraga pagi. Olahraga pada sore hari, justru dapat membuat tidur semakin sulit.
Tips Memulai Lari Pagi
Seorang ahli menyarankan, suhu tubuh yang rendah pada pagi hari membuat pemanasan yang cukup sebelum olahraga menjadi sangat penting. Selain itu, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

    Konsumsi buah, jus atau yoghurt sekitar 30 menit sebelum lari pagi. Hal ini penting untuk menghindari rasa pusing atau rasa lelah berolahraga saat perut kosong. Namun hindari kopi.
    Lakukan peregangan setelah lari pagi. Hal ini akan membantu tubuh lebih lentur dan mencegah cedera. Bungkukkan badan hingga tangan mencapai jari kaki atau putar kepala ke arah kanan dan kiri.
    Setelah selesai lari pagi, lakukan pendinginan selama beberapa menit. Tarik nafas dalam dan biarkan tubuh santai sekitar 1-2 menit. Lakukan ini sebelum mulai makan, mandi atau aktivitas lain.
    Pertimbangkan pusat kebugaran. Tempat latihan semacam ini sangat baik untuk mempertahankan motivasi berolahraga bagi sebagian orang.
    Tetap berolahraga di akhir pekan. Jika Anda menjadikan olahraga pagi hari sebagai bagian rutinitas, sebaiknya tetap lakukan pada akhir pekan

Untuk Anda yang menderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, ataupun memiliki risiko penyakit jantung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin memulai berolahraga.

Mulailah lari pagi secara perlahan sesuai kemampuan. Jadikan olahraga ini sebagai rutinitas harian untuk memperoleh manfaat lari pagi secara maksimal.

0 Response to "Miris! Banyak Yang Belum Mengerti Efek Dari Lari"

Posting Komentar